Minggu, 08 Januari 2012

3 Tips Mengenal Apa Itu Linux

Categories:

Tiga tips mengenal Linux secara umum berdasarkan pengalaman pribadi selama enam (6) tahun:
  • Cari sumber informasi.
    • Yang paling gampang adalah situs-situs Free dan Open Source Software beterbaran di Internet, untuk bahasa Indonesia bisa ke linux.or.id ini atau subdomainnya yang berbau *id :D. Contohnya pemula.linux.or.id, wiki.linux.or.id, jogja.linux.or.id, dan lain-lain.
    • Akses forum dan milis Linux, ex: forum.linux.or.id, milis linux.or.id, jogja-linux, debid, id-ubuntu, dan banyak lagi. Tanyakan hal-hal yang patut ditanyakan, sebelum bertanya kita harus bekali diri dengan membaca dokumentasi Linux dulu, pertanyaannya pun harus dengan detail yang jelas dan sesuai etika yang berlaku di milis atau forum tersebut.
    • Selain itu teman yang ngerti Linux, bisa sedikit atau banyak, menjadi akses penting informasi ini, termasuk KPLI terdekat. Cobalah berkenalan dengan salah satu, dua, atau lebih teman dari tetangga kiri-kanan atau di KPLI. Semakin banyak teman-Linux, semakin luas dan terbuka wawasan kita tentangnya. Berguru kemana-mana, mulai dari yang terdekat di kota sendiri. Jangan malu, "Malu bertanya sesat di Linux".
  • Cari CD Linux lewat situs distro masing-masing dengan men-download ISOnya, tapi alangkah berharganya bandwith/uang jika kita meminjam ke teman/KPLI atau membeli di distributor-distributor Linux "unofficial" di Indonesia. Banyak, tinggal pilih yang murah dan sederhana atau yang "agak" mahal dengan paket lebih eksklusif. Bagi yang belum sama sekali ada keinginan cari CD Linux, kembali ke poin pertama di atas dan lakukan lagi terus sampai dapat semangat yang membara.
  • Instal Linux, gunakan untuk pekerjaan sehari-hari, dan mulai bergabung dengan komunitas. Walaupun sudah bertanya dengan membabi-buta tentang apa itu Linux, dst, apalagi sudah pinjam/beli CD Linux berbagai "merek", kita juga harus mencobanya, apalah artinya punya ilmu/barang tidak dipraktekkan/digunakan, basi, berkarat, tidak ada gunanya selain mengisi otak :D. Jika ada permasalahan tanyakan pada forum atau milis, tetapi ingat etika bertanya. Membuat atau mengembangkan komunitas pun bisa memberikan banyak info/ilmu dan pengalaman Linux kita seperti yang disebutkan di poin pertama, kekuatan jaringan atau the power of network.

Spread The Love, Share Our Article

Related Posts

No Response to "3 Tips Mengenal Apa Itu Linux"

Posting Komentar